Kuota Aplikasi Edukasi Tri

Kuota Aplikasi Edukasi Tri
Kuota Aplikasi Edukasi Tri

Kuota Aplikasi Edukasi Tri – Seperti yang sudah kalian ketahui bahwa selama masa pandemi sekarang ini pemerintah sudah menyediakan kuota edukasi untuk melakukan pembelajaran secara daring.

Dalam hal ini pemerintah bekerja sama dengan Tri (3). Dalam kesepakatan inilah pemerintah menyediakan kuota edukasi Tri (3) secara gratis bagi anak sekolah yang melakukan pembelajaran secara online atau bisa disebut dengan daring.

Keadaan seperti inilah yang membuat para guru, dosen, mahasiswa, dan pelajar harus melakukan aktivitas pembelajaran secara online. Maka dari itulah pemerintah bergerak agar meluncurkan kuota edukasi bagi semua siswa yang melakukan pembelajaran online.

Maka dari itulah pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang beberapa informasi mengenai Kuota Aplikasi Edukasi Tri. Kuota yang kalian dapatkan ini bisa digunakan untuk melakukan pembelajaran secara online.

Nah, bagi kalian yang ingin mengetahui tentang Kuota Aplikasi Edukasi Tri, maka kalian bisa menyimak ulasan berikut. Kalian simak saja sampai habis jika kalian tidak ingin ketinggalan informasi tentang kuota edukasi ini.

Tentang Kuota Aplikasi Edukasi Tri

Kuota Aplikasi Edukasi Tri 2021
Kuota Aplikasi Edukasi Tri 2021

Pastinya kalian sudah mengetahui tentang kuota edukasi Tri (3) bukan? Tentunya kalian semua sudah mengetahui tentang hal ini. Kuota edukasi Tri (3) ini dibagikan oleh pemerintah melalui Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan).

Kuota ini dibagikan melalui operator bagi kalian yang menggunakan kartu Tri (3). Jika kalian mendapatkan kuota edukasi Tri (3) ini, maka kalian akan mendapatkan SMS dari operator yang diberikan oleh pemerintah.

Kuota edukasi ini juga dibagikan secara merata yaitu mulai dari SD, SMP, SMA, SMK, hingga perguruan tinggi pun ikut mendapatkan kuota edukasi Tri (3) ini. Kuota ini bisa kalian pakai selama 30 hari atau sebulan.

Kuota ini akan terus dibagikan untuk setiap bulannya saat sekolah sudah aktif untuk belajar daring. Akan tetapi, jika kalian ingin mendapatkan kuota edukasi ini kalian perlu mendaftarnya. Untuk mengetahui tentang kuota edukasi Tri (3), maka kalian bisa simak saja ulasan berikut ini.

Cara Mendaftar Kuota Edukasi Tri (3)

Daftar Kuota Aplikasi Edukasi Tri
Daftar Kuota Aplikasi Edukasi Tri

Cara mendaftar kuota edukasi ini tentunya kalian harus menggunakan nomor hp yang aktif. Jika kalian telah memiliki nomor hp Tri yang aktif, maka kalian dianjurkan untuk mendaftarkan nomor tersebut kepada pihak sekolah.

Kalian hanya diminta untuk mendaftarkan nomor ke sekolah saja karena nantinya pihak sekolah yang akan mendaftarkan nomor kalian kepada Pusdatin atau Dikti. Bagi kalian para pengguna kartu Tri, maka langsung saja daftarkan nomor kalian ke pihak sekolah.

Kuota yang didapatkan antar pelajar tentunya beda-beda dan tidak sama. Jika kalian ingin mengetahuinya maka simaklah rincian berikut ini.

Penerima Kuota Edukasi TriKuota Per Bulan
PAUD20 GB
SD, SMP, SMA, SMK35 GB
Guru42 GB
Dosen50 GB

Nah, itulah kuota yang akan didapatkan pelajar dan mahasiswa untuk setiap bulannya. Kuota edukasi ini akan masuk secara otomatis pada hp kalian untuk setiap bulan. Jadi, kalian jangan khawatir lagi karena kuota ini dibagikan secara merata.

Akses Kuota Edukasi Tri (3)

Akses Kuota Aplikasi Edukasi Tri
Akses Kuota Aplikasi Edukasi Tri

Pada kuota edukasi ini tidak semuanya merupakan kuota reguler. Pada pelajar yang mendapat kuota sebesar 35 GB pastinya akan terbagi menjadi 2 yakni 10 GB kuota reguler dan sisanya merupakan kuota edukasi.

Kuota edukasi ini tidak bisa mengakses semua aplikasi, tentunya cuma ada aplikasi-aplikasi tertentu saja yang bisa digunakan. Karena kuota edukasi ini bisa diakses dalam aplikasi yang berkaitan dengan ilmu pendidikan.

Berikut akses yang digunakan dalam paket konferensi :

  • Aplikasi zoom : kuota ini bisa kalian gunakan untuk aplikasi zoom agar bisa belajar tatap muka secara online.
  • Aplikasi Google Meet : kalian bisa menggunakan aplikasi ini juga sama seperti zoom, karena kedua aplikasi ini hampir sama cara menggunakannya.
  • Aplikasi CloudX
  • Aplikasi  Microsoft Tims
  • Aplikasi Cisco Webex
  • Aplikasi UMeetMe

Sebenarnya masih banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan dalam kuota konferensi. Namun, aplikasi diatas kita jadikan sebagai contoh saja. Selain kuota konferensi, ada juga kuota ilmupedia yang bisa kalian gunakan pada kuota edukasi Tri ini.

Berikut akses yang bisa digunakan dalam paket ilmupedia :

  • Aplikasi Google Classroom : Aplikasi yang satu ini sudah terkenal sekali dan hampir semua pelajar menggunakan aplikasi ini dari SD, SMP, SMA sudah banyak sekali yang menggunakan Google Classroom ini.
  • Aplikasi Rumah Belajar
  • Aplikasi Quipper
  • Aplikasi Kippin School 4.0
  • Aplikasi Mahir
  • Aplikasi Bahaso
  • Aplikasi Ruang Guru
  • Aplikasi  Udemy
  • Aplikasi  AyoBelajar
  • Aplikasi Duolingo
  • Aplikasi Birru.

Nah, itulah daftar beberapa aplikasi yang bisa kalian gunakan dalam paket ilmupedia. Sebenarnya aplikasi belajar yang dapat digunakan masih banyak sekali, yang kami sebutkan diatas hanyalah sebagai contoh saja.

Bagi kalian yang belum mendaftarkan nomor hp ke pihak sekolah maka segera daftar saja. Karena kuota ini sangat bermanfaat dan pastinya akan mengurangi pengeluaran kalian setiap bulannya. Dengan kuota edukasi inilah kalian dapat lancar untuk melakukan proses belajar secara online.

Manfaat Yang Didapat Pada Kuota Edukasi Tri (3)

Mungkin diantara kalian masih ada saja yang belum mengetahui manfaat apa saja yang didapatkan dalam kuota edukasi Tri (3) ini. Maka dari itulah kami akan memberitahu kepada kalian semua tentang manfaat apa saja yang kalian dapatkan dalam menggunakan kuota edukasi ini.

Jika diantara kalian masih belum mengetahuinya, maka kalian simak saja ulasan yang akan kami berikan berikut ini.

Berikut manfaat yang kalian dapatkan dalam kuota edukasi Tri (3) :

1. Memudahkan Pembelajaran Daring

Manfaat pertama yang bisa kalian rasakan yaitu dapat mempermudah urusan dalam pembelajaran daring. Dengan bantuan edukasi ini maka para pelajar dapat melakukan proses pembelajaran daring dengan mudah dan juga lancar.

Seperti yang sudah kami jelaskan pada pembahasan diatas bahwa kuota edukasi ini akan dikasih oleh pemerintah untuk setiap bulannya. Oleh karena itulah kalian tidak perlu repot-repot untuk membeli kuota untuk belajar.

2. Menghemat Pengeluaran

Manfaat kedua yang bisa kalian rasakan yaitu bisa menghemat pengeluaran setiap bulannya. Jika kalian setiap bulan harus membeli kuota, maka dengan kuota edukasi gratis ini kalian tidak perlu repot-repot mengeluarkan biaya untuk membeli kuota setiap bulannya.

Bagi para pelajar tentunya kalian masih membeli kuota memakai uang ortu bukan ? Tentu saja kalian akan meminta uang jika kalian kehabisan kuota. Nah, dengan kuota edukasi inilah dapat meringankan kebutuhan orang tua kalian untuk setiap bulannya.

Setiap orang pastinya memiliki ekonomi yang berbeda-beda. Ada yang memiliki ekonomi tinggi dan ekonomi rendah. Tentu saja kuota internet ini harganya terbilang masih relatif tinggi. Maka dari itulah kuota edukasi ini bisa mengurangi beban bagi mereka yang ekonominya masih terbilang rendah.

Akhir Kata

Nah, begitulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Kuota Aplikasi Edukasi Tri. Semoga kalian bisa memahami informasi yang kami berikan.

Mungkin ini saja yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Jika ada kekurangan dalam penyampaian informasi diatas kami mohon maaf. Sekian dari kami terima kasih.

Baca Juga :